Senin, 22 Oktober 2012

5W1H



·         Apa Manfaat Koperasi Bagi Pegawai BUMN?
Menurut saya Koperasi bagi Pegawai sangatlah bermanfaat untuk membantu kebutuhan hidup. Begitu banyaknya koperasi didirikan sehingga memberi peluang bergeraknya perekonomian nasional.
UNIT usaha yang kami kelola tidak terbatas pada usaha simpan pinjam saja. Koperasi yang biasanya bergerak pada unit usaha simpan pinjam (kredit), koperasi konsumsi barang, atau koperasi yang memproduksi barang dan jasa ikut menggerakkan roda perekonomian. Prinsip pendirian koperasi adalah sebagai usaha bersama yang ditujukan untuk kemakmuran anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pendirian koperasi juga harus mendapat pengesahan sedagai badan hukum koperasi dari pihak yang berwenang. Sejauh ini koperasi dengan prinsip usaha bersama atas asas kekeluargaan banyak menolong/membantu para anggotanya.

·         Kapan Berdirinya Koperasi?
Sebagian besar pakar koperasi dan beberapa kalangan berpendapat
bahwa sesungguhnya bentuk-bentuk koperasi yang konkret di Indonesia
baru mulai tumbuh pada era kebangkitan nasional, yaitu pada awal-awal tahun 1900-an. yang memberi solusi dalam mengatasi kesulitan untuk mendapatkan bantuan permodalan karena pada umumnya mereka mengelolah usaha dengan tradisional.

·         Siapa yang boleh menjadi Anggota dalam Koperasi?
Siapa saja. namun kadangkala ada anggota yang tidak bertanggung jawab atau lepas tanggungjawab terhadap koperasi tempatnya bernaung, Kita harus mencari seorang pengurus yang benar-benar mau bertanggungjawab,jangan lepas tanggung jawab saja.maksudnya lepas tanggung jawab adalah seperti ketidak jujuran anggota atau pengurus, pengelolaan yang tidak demokratis, kurangnya kesadaran untuk mengembalikan pinjaman, kurangnya kesadaran untuk menghidupkan koperasi demi kelangsungan koperasi itu sendiri. Padahal koperasi dapat tumbuh dan berkembang tergantung pada partisipasi aktif anggota di mana partisipasi menentukan kelangsungan dan berkembangnya lapangan usaha atau unit usaha koperasi. Dengan demikian tanggungjawab berupa kesadaran berkoperasi sangat diperlukan dan menjadi perhatian agar koperasi dapat hidup tumbuh dan berkembang maju.

·         Dimana Sebenarnya Letak Masalah Koperasi pada saat ini?
Letak masalah koperasi kita saat ini adalah koperasi kita harus melakukan gerakan revitalisasi koperasi. Revitalisasi koperasi itu maksudnya adalah pengelolaan koperasi itu harus benar-benar profesional. Jadi saya mengharapkan, pelaku koperasi itu merubah mindset. Jangan dianggap koperasi itu betul-betul sangat inklusif. Pengelolaan manajemennya juga harus terbuka dan harus betul-betul dikelola dengan profesional. Sekalipun pengelolanya bisa diambil dari luar. Intinya harus ada pengelolaan manajemen yang transparan dan professional.

·         Mengapa Koperasi Sangat Penting Bagi Pegawai?
Di negara kita peranan koperasi sangatlah penting, maka tidak heran koperasi bisa kita jumpai dimana-mana, bahkan sampai ke plosokpun kita bisa menjumpai koperasi. Bagi Masyarakat, Koperasi sudah tidak asing lagi, koperasi adalah salah satu bentuk
persekutuan yang melakukan kegiatan muamalah di bidang ekonomi. Koperasi sangat berperan penting ditengah masyarakat Indonesia,terutama dalam proses berlangsungnya perekonomian Indonesia ditengah masyarakat. Hampir setiap orang mengenal Koperasi. secara umum koperasi dikenal sebagai suatu bentuk perusahaan yang unik.

·         Bagaimana pendapat Anda dengan adanya Koperasi?
Menurut saya Perkembangan usaha koperasi sangat tinggi dan bagus.telah terbukti bahwa koperasi merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Pertumbuhan koperasi tersebut juga seiring dengan pertumbuhan anggota koperasinya juga, meskipun ada dari beberapa koperasi itu ada yang tidak aktif. Kalau sudah begitu tinggal kewajiban Kementerian Koperasi dan UKM adalah mendorong koperasi-koperasi yang tidak aktif agar bisa aktif kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar